PantonaNews

Sabtu, 19 Mei 2012

Sepenggal Kisah Sukses Si Penyihir Dunia Kartun Amerika


Walter Elias Disney atau lebih dikenal sebagai Walt Disney, tentu nama Walt Disney bukan nama asing lagi bagi setiap orang di berbagai penjuru dunia. Ia adalah pendiri Walt Disney Productions bersama dengan Roy O. Disney. Ia sangat berpengaruh terhadap perkembangan dunia hiburan pada abad ke -20. Ia adalah penerima 900 tanda kehormatan, 32 Oscar, lima Emmy, dan lima doktor honoris causa, perintis sejarah animasi dan salah seorang manusia terkaya di dunia.  Ia lahir di Chicago , Illinois, Amerika Serikata pada 05 Desember 1901. Walt Disney berasal dari keluarga yang kaya, namun karena krisis berkepanjangan di Amerika membuat walt harus menghabiskan masa kecilnya dengan hidup hemat. Keluarga Walt Disney selalu berpindah-pindah tempat tinggal dari satu kota ke kota yang lain.
Kesuksesan Walt Disney tidak dengan mudah ia dapatkan. Ia harus menjalani proses yang panjang dan sulit untuk memperoleh kesuksesan itu. Dan dalam proses itu ia pun kadang mengalami suatu kegagalan. Pada Umur 16 tahun Walt menjadi seorang kartunis untuk koran sekolahnya. Karya-karya kartunnya berbau patriotik yang berfokus pada Perang Dunia I, akibatnya Walt dikeluarkan dari sekolah kemudian Ia mencoba bergabung dengan Angkatan Bersenjata AS, tetapi ditolak karena umur belum mencukupi. Lalu Ia bergabung dengan Palang Merah, Ia dikirim ke Perancis dan menjadi sopir Ambulans. Pada Umur 19 tahun Walt mendirikan perusahaan yang bernama "Iwerks-Disney Commercial Artists". Tetapi sayang perusahaan itu pun tidak berdiri lama. Ia pun memutuskan untuk mencari pekerjaan di Kansas City. Ketika bekerja di Kansas City Film Ad Company, Disney mengembangkan minatnya dalam bidang animasi ia ingin menjadi animator.Ia meminjam kamera dari tempat kerjanya untuk uji coba di rumah. Ia melihat bahwa animasi lebih menjanjikan bagi masa depannya. Walt pun ingin membuka bisnis animasi sendiri, Ia merekrut seorang rekan kerja dari Kansas City Film Ad Company, sebagai pekerja pertamanya. Ia membuat kartun yang berjudul "Laugh-O-Grams" . Kemudian Ia juga berhasil membuat persetujuan dengan pemilik bioskop setempat  dan kartun yang berjudul "Laugh-O-Grams" itu pun disiarkan di Bioskop tersebut. Dari keberhasilan nya Walt mampu membeli studio sendiri dan merekrut banyak animator, tetapi muncul lagi kendala Walt tidak mampu mengurus keuangan dengan baik. Akibatnya, studionya dililit hutang dan bangkrut. Tetapi ia tidak putus asa, Ia kembali mengumpulkan uang untuk mendirikan studio kartun di Hollywood. Ia pun kembali Sukses dengan Serial Kartun yang di buatnya “Alice Comedies” kemudian disusul dengan serial-serial lain.
Pada tahun 1928 Walt meciptakan tokoh kartun Mickey Mouse. inspirasi sosok tikus kecil itu muncul ketika dia berada di jalan hendak pulang dari sebuah pertemuan bisnis ketika dia dipaksa melepaskan karakter ciptaannya yang mulai sukses—Oswald si Kelinci. Ia bermimpi ketika berada di kereta menuju Hollywod, dia melihat seekor tikus yang datang ke kantornya. Awalnya Walt menyebut karakter barunya itu dengan nama Mortimer tetapi karna saran dari Istrinya Ia menamakan karakternya itu dengan nama Mickey Mouse.
Pada tahun 1937dia memperkenalkan fitur panjang animasi musik, Snow White dan Seven Dwards. Walt mengambil resiko yang besar dalam Snow White. Film itu adalah film pertama pada jenisnya. 2 Juta Dollar dia habiskan untuk memproduksi itu. Film ini menjadi film yang paling berhasil pada tahun 1938 setelah memperoleh lebih $8 juta dalam tayangan pertamanya.
Pada tahun 1955, Walt menciptakan ide untuk membuat Disneyland di Anaheim, California sebagai tempat pertunjukan film-film Disney dimana anak-anak dapat melihat sendiri tokoh-tokoh kartun favoritnya di layar yang sangat lebar. Ide itu muncul, ketika Ia berjalan-jalan di taman dengan kedua putrinya. Ia membayangkan sebuah taman wisata sangat luas tempat anak-anak dapat bertemu dengan tokoh kartun yang mereka sayangi. Walt menginvestasikan uangnya untuk proyek ini senilai 17 juta Dollar. Disneyland berkembang dengan baik dengan jutaan pengunjung minggu pertama dibuka dan berjuta-juta pengunjung terus memenuhi Disneyland. Pada Tahun yang sama, Disney terus memacu produknya di televisi. Ia memanfaatkan teknologi  baru saat itu yaitu televisi berwarna dengan menyuplai televisi dengan tayangan Wonderful World of Color.

Disney World dibuka pada bulan Oktober 1971 yang berlokasi di Florida, dibangun di atas lebih dari 43 mil persegi termasuk taman hiburan, hotel, airport, dan 11 tahun kemudian menjadi Epcot Center dan akhirnya Disney World menjadi sukses besar. Tetapi sayangnya Walt Disney tidak menyaksikan kesuksesan besar dari rencananya itu, Karena Ia meninggal dunia pada tanggal 15 Desember 1966. Perusahaan yang didirikannya, kini dikenal sebagai The Walt Disney Company, kini memiliki pendapatan tahunan sekitar $ 35 miliar.
Walt Disney memang sosok seorang yang memiliki Kreatifitas yang luar biasa, Ia mampu membuat inovasi ber macam-macam fitur animasi film sampai taman hiburan modern. Walaupun banyak Kritik yang muncul mengenai gaya manajemennya, tetapi mampu menghasilkan milyaran dollar untuk sebuah perusahaan hiburan. 

“Semua yang telah Aku Lakukan, yang paling penting adalah mengkoordinaskan bakat-bakat dari siapa saja yang bekerja kepada kita dan menekankan pada mereka untuk meraih tujuan yang pasti". (Walt Disney)

Sumber : 
 http://id.wikipedia.org/wiki/Walter_Elias_Disney
http://www.harjasaputra.com/reportase/unik/kisah-sukses-walt-disney.html
http://bloggers.com/post/belajar-dari-kisah-sukses-walt-disney-6279842
http://beritaaneh.com/2010/05/kisah-sukses-walt-disney/
http://info-unik-dunia.blogspot.com/2010/05/kisah-sukses-walt-disney.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar