PantonaNews

Jumat, 18 Mei 2012

Kisah Sukses Johnny Andrean


Johnny Andrean, pria kelahiran Pontiank ini dikenal sebagai penata rambut dan penyalon kondang di Indonesia.  Berawal pada tahun 1978, namanya telah diuangkan menjadi 170-an salon dan 40-an sekolah salon diseluruh Indonesia.  Diluar kesibukannya sebagai pebisnis salon sukses, Johnny Andrean punya hobi tak kalah mengasyikkan yaitu traveling alias jalan-jalan. Lewat hobinya itu ia menemukan ide-ide kreatif kemudian ia mengasahnya untuk kepentingan bisnis.
Salah satu Ide Kreatif yang ia temukan lewat hobinya itu adalah ia menjadi master franchise roti BreadTalk yang berkantor pusat di Singapura. Tanpa sungkan Johnny Andrean pergi belajar mengolah roti ke Kota Singa selama beberapa bulan, sebelum akhirnya pada bulan Maret 2003 gerai Breadtalk itu resmi muncul di Indonesia , tepatnya di Mal Kepala Gading, Jakarta.  Johnny Andrean menawarkan gerai roti yang berbeda dari lainnya: gerai BreadTalk didesain terbuka dan transparan, sehingga memungkinkan konsumen melihat proses produksi, dan wangi khas rotinya dapat mengepung pusat perbelanjaan di mana gerai itu berada. Akibatnya,pengunjung pun terpancing untuk singgah ke gerainya.
Berkat pendekatan yang berani  menampilkan dapur yang terbuka dan transparan  gerai BreadTalk laris manis diserbu pelanggan. Bahkan, sejak awal peluncurannya pelanggan rela antre untuk bisa membeli roti yang harganya tak bisa dikatakan murah itu. Antrean panjang di gerai-gerai BreadTalk kini seolah-olah menjadi tren gaya hidup baru bagi masyarakat kota besar.
Tidak hanya berhenti disitu, pada Tahun 2005  Johnny Andrean menciptakan waralaba lokal yang berskala Internasional yaitu J.CO Donuts and Coffee. Ia pun mau melakukan survei dan riset ke berbagai negara, seperti Australia, Amerika Serikat, Jepang dan berbagai negara Eropa. Mimpinya adalah menciptakan donat yang sempurna, yang diterima lidah dan mendorong gaya hidup modern di perkotaan.  Untuk mendapatkan rasa “orisinal” itu, Johnny sendiri yang mengatur dan menentukan model menu yang akan disajikan. Anda bisa melihat bagaimana sentuhan tangan Johnny mampu merubah gaya donat standar menjadi lebih stylish. Kreasi gaya donat yang diciptakannya itu ternyata menularkan ke gerai donat lain yang ada di Indonesia. Instingnya memang tak salah. Dan inilah kekuatan Johnny, ia mampu membentuk satu pasar baru melalui imajinasi gaya hidup yang ditawarkannya. Lagi-lagi, J.Co juga mendapat sambutan pasar yang luar biasa. Dalam waktu singkat kini ada lebih dari 100 gerai J.Co yang tersebar di berbagai kota di Tanah Air. Bahkan, J.Co pun telah merambah negara tetangga,seperti Malaysia, Singapura, Shanghai dan Filipina.
Ternyata setelah sukses dengan salon, BreadTalk dan J.co nya. Pada awal tahun 2011 Johnny Andrean lagi-lagi menciptakan waralaba yang berskala internasional : Roppan
Kata Roppan berasal dari daerah di Jepang bernama Roppongi.  Daerah ini terkenal dengan berbagai restoran yang menjual beragam makanan, di antaranya pan atau roti.  Yang jadi unggulan di Roppan adalah Japanese Honey Toast, roti tebal yang lembut di dalam dan renyah di luar. Lalu, disiram madu dan topping ice cream  dengan berbagai pilihan rasa . Kembali yang membuat menarik dari gerai-gerai yang dimiliki Johnny Andrean adalah adalah dapurnya yang ada di depan sehingga pembeli dapat melihat langsung proses pembakaran roti. Dan saat ini sudah ada kira-kira 10 gerai Roppan yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Bandung dan Bali.
Keberhasilan ini memang tidak datang secara instan. Johnny Andrean sendiri adalah tipe pekerja keras yang intens, tak kenal lelah dan terus menemukan formula kesuksesan untuk bisnis yang ditanganinya. Seperti apa yang diungkapkannya tentang bagaimana ia bisa meraih kesuksesan itu.”Hidup memang harus selalu belajar dari pengalaman,” katanya berfilsafat. Bila konsepnya bisnisnya dan kualitas produk sudah diterima masyarakat, maka dengan segera dia akan melakukan duplikasi. Inilah resep kesuksesan Johnny Andrean sehingga waralaba yang dimilikinya beranak pinak.
Menurut Johnny Andrean Inovasi merupakan sebuah keharusan. Karena itu, dibutuhkan kreativitas yang tinggi untuk membuat produk yang dibesut selalu tampil segar, hal pertama yang harus dilakukan agar menjadi kreatif dan tetap kreatif adalah memiliki tim yang kreatif dan andal. Tim ini harus diisi orang-orang yang kreatif. Satu orang kreatif tidak bisa apa-apa. Dengan bersama-sama, kreativitas dan ide-ide kreatif tidak akan pernah berhenti.
Jadi, Inovasi dan kreativitas itu sangat penting dalam dunia bisnis. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar